Acara pelepasan dipimpin secara langsung oleh Rektor UNSIKA, Prof. Dr. H. Ade Maman, yang memberikan motivasi kuat kepada seluruh peserta. Dari sudut pandang Program Studi Pendidikan Matematika, arahan beliau menjadi pengingat penting bahwa calon pendidik masa depan tidak hanya dituntut menguasai konsep matematika, tetapi juga memiliki kemampuan adaptasi, komunikasi lintas budaya, serta wawasan global. Kami melihat ini sebagai peluang strategis bagi mahasiswa matematika untuk memperluas perspektif mereka dalam dunia pendidikan yang semakin bersifat internasional.
Selain itu, Dekan FKIP UNSIKA, Prof. Dr. H. Sutirna, memberikan dorongan agar seluruh peserta membawa identitas akademik FKIP dengan penuh tanggung jawab dan integritas. Bagi Prodi Pendidikan Matematika, pesan ini sangat relevan mengingat dua mahasiswa kami akan hadir sebagai duta yang membawa semangat pedagogik matematika ke ruang pembelajaran internasional. Kami berharap keikutsertaan mereka mampu membuka pintu kolaborasi baru, khususnya dalam pengembangan kurikulum, metode pembelajaran matematika, serta eksplorasi riset di bidang pendidikan matematika.
Ketua pelaksana kegiatan, Dr. Hanifah Nurus Sopiany, menegaskan bahwa seluruh peserta telah melalui seleksi ketat. Kami dari prodi memandang proses seleksi ini sebagai cerminan komitmen fakultas untuk memastikan bahwa delegasi yang berangkat memiliki kesiapan akademik, kematangan emosional, dan daya juang tinggi. Keberagaman latar belakang peserta dari berbagai prodi lain juga memberi kesempatan bagi mahasiswa matematika untuk belajar berkolaborasi dalam konteks lintas bidang.
Melalui kegiatan ini, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSIKA berkomitmen untuk terus mendukung mahasiswa agar mampu menjadi calon pendidik yang unggul dan berdaya saing global. Pengalaman internasional di Thailand diharapkan menjadi bekal berharga bagi Riyan Setiawan dan Sheila Aulia untuk membawa praktik baik ke dalam pembelajaran matematika di Indonesia. Program ini tidak hanya memperkuat kapasitas individu, tetapi juga memberi nilai tambah bagi prodi dalam mewujudkan visi pendidikan matematika yang modern, relevan, dan berdampak luas.
.png)
