Hasil Pembelajaran Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Standar Kompetensi Lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Umum dan Khusus) yang dinyatakan dalam rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Rumusan Sikap dan Keterampilan Umum mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-PT). Rumusan Keterampilan Khusus dan Pengetahuan dirumuskan dan disepakati oleh Asosiasi Profesi Dosen Pendidikan Matematika.

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

No

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Sikap (S)

S1

Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban berdasarkan Pancasila

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya secara mandiri

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Ketrampilan Umum (KU)

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

KU1

Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai , baik yang belum maupun yang sudah baku;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengungahnya ke laman perguruan tinggi

KU5

Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

KU7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok serta melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian perkerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Ketrampilan Khusus (KK)

KKI

Mampu melaksanakan (merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi)   pembelajaran matematika.

KK2

Mampu mencari metode paling efektif untuk pembelajaran matematika.

KK3

Mampu merancang dan mengaplikasikan berbagai media ICT secara profesional untuk mengembangkan kompetensi pedagogik.

KK4

Mampu menerapkan dan mengkaji berbagai model dan pendekatan pembelajaran matematika secara inovatif.

KK5

Mampu merancang  bahan ajar matematika dan menerapkannya untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran.

KK6

Mampu membaca dan mengkonstruksi bukti matematis secara deduktif aksiomatik.

KK7

Mampu berpikir matematis dalam penyelesaian masalah

KK8

Mampu mengaplikasikan berbagai media ICT dalam memproses informasi/data, mengorganisasi data, menganalisis data dan  menafsirkannya.

Pengetahuan (P)

P1

Menguasai konsep-konsep matematika dan prinsip-prinsip pedagogik-didaktik untuk pengembangan ilmu pendidikan matematika.

P2

Menguasai konsep – konsep matematika yang terkait dengan perkembangan budaya bangsa untuk pengembangan ilmu pendidikan matematika.

P3

Menguasai ICT untuk menyelesaikan permasalahan matematika dan pembelajarannya.