- Proses 50%
- UTS 15%
- UAS 25%
- Proses 50%
- UTS 15%
- UAS 25%
No |
Karakter |
% |
Kategori |
% Kategori
Penilaian |
Persentase
Gabungan |
1 |
Critical Thinking |
20% |
Mengukur Kualitas dari suatu sumber Menentukan Kualitas dari suatu
sumber apakah relevan atau tidak relevan |
25% |
5% |
Membedakan Fakta dan Penilaian
(Pendapat/Opini) |
25% |
5% |
|||
Mengidentifikasi kesalahan atau bias yang ada |
25% |
5% |
|||
Mengevaluasi bukti yang didapatkan untuk mendukung pendapat |
25% |
5% |
|||
2 |
Collaboration |
15% |
Kemampuan mendukung orang lain dan berbagi peran: mengerjakan
pekerjaan sesuai dengan perannya serta mendukung peran orang lain sekaligus
berinisiatif dalam membagi pengetahuan yang dimiliki. |
25% |
4% |
Bekerja secara produktif dengan
orang lain : |
25% |
4% |
|||
Berpartisipasi dan berkontribusi
secara aktif : |
25% |
4% |
|||
Kemampuan melakukan konsensus:
mampu melakukan strategi pengambilan keputusan secara bersama dengan
menghormati ide orang lain, menanggapi dengan pikiran terbuka terhadap
perbedaan ide. |
25% |
4% |
|||
3 |
Communication |
15% |
Mampu melakukan komunikasi lisan sesuai dengan norma akademik |
35% |
5% |
Mampu melakukan komunikasi tulisan sesuai dengan norma akademik |
40% |
6% |
|||
Mampu melakukan komunikasi non-verbal dan visual sesuai dengan norma
akademik |
25% |
4% |
|||
4 |
Creative Thinking |
20% |
Mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi permasalahan dengan ide
yang bervariasi dan/ berkualitas |
25% |
5% |
Mampu menemukan ide atau gagasan
dengan menyesuaikan terhadap sesuatu yang sudah ada, dan/ yang belum ada |
25% |
5% |
|||
Memiliki pengetahuan yang baik
guna menghasilkan daya pikir yang mencakup wawasan dengan unsur-unsur yang
luas |
25% |
5% |
|||
Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam 5 aspek, yaitu
berpikir lancar, luwes, orisinal, elaborasi, dan evaluasi |
25% |
5% |
|||
5 |
Compassion |
15% |
Mampu memahami permasalahan dari
berbagai sudut pandang |
25% |
4% |
Mampu menerima kritik dan saran secara terbuka |
25% |
4% |
|||
Memiliki keinginan untuk
membantu dan memotivasi orang lain |
25% |
4% |
|||
Mampu mengapresiasi diri dan sesama atas dasar ketaqwaan kepada Tuhan
yang Maha Esa |
25% |
4% |
|||
6 |
Computational logic |
15% |
Abstraction: Keterampilan dalam
memutuskan informasi apa yang harus disimpan dan apa yang harus diabaikan |
20% |
3% |
Generalization: Keterampilan dalam merumuskan solusi secara generik
dan dapat menerapkan pada masalah yang berbeda |
20% |
3% |
|||
Decomposition: Keterampilan
dalam memecahkan masalah yang kompleks menjadi bagian-bagian kecil yang mudah
dipahami dan dipecahkan |
20% |
3% |
|||
Algorithm: Keterampilan dalam menyebutkan langkah-langkah untuk
menentukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah |
20% |
3% |
|||
Debugging: Keterampilan dalam mengidentifikasi, menghapus, dan
memperbaiki kesalahan dari proses pemecahan masalah |
20% |
3% |