Penilaian

Untuk memastikan evaluasi pembelajaran yang objektif dan transparan, Program Studi Pendidikan Matematika menerapkan sistem penilaian yang terstruktur. Penilaian ini mencakup berbagai aspek akademik yang dirancang untuk mengukur capaian belajar mahasiswa secara komprehensif. Berikut adalah rincian komponen penilaian yang digunakan sebagai panduan dalam proses evaluasi:

1. Komponen Penilaian:
    a) Mata Kuliah Teori atau tanpa komponen praktikum:
        - Tugas        10%
        - Proses       50%
        - UTS             15%
        - UAS             25%
    b) Mata Kuliah Praktikum:
        - Tugas        10%
        - Proses       50%
        - UTS             15%
        - UAS             25%
2. Adapun untuk penilaian proses disusun dengan komponen:

No

Karakter

%

Kategori

% Kategori Penilaian

Persentase Gabungan

1

Critical Thinking

20%

Mengukur Kualitas dari suatu sumber Menentukan Kualitas dari suatu sumber apakah relevan atau tidak relevan

25%

5%

Membedakan Fakta dan Penilaian (Pendapat/Opini)

25%

5%

Mengidentifikasi kesalahan atau bias yang ada

25%

5%

Mengevaluasi bukti yang didapatkan untuk mendukung pendapat

25%

5%

2

Collaboration

15%

Kemampuan mendukung orang lain dan berbagi peran: mengerjakan pekerjaan sesuai dengan perannya serta mendukung peran orang lain sekaligus berinisiatif dalam membagi pengetahuan yang dimiliki.

25%

4%

Bekerja secara produktif dengan orang lain :
 Menunjukan sikap profesional dengan orang lain untuk menyelesaikan tugas sesuai yang diharapkan dengan tepat waktu, serta bertanggungjawab dalam mengimplementasikan solusi

25%

4%

Berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif :
 Menunjukan sikap respek terhadap perbedaan pendapat dalam diskusi serta terlibat aktif dalam menyelesaikan tugas, melakukan komunikasi yang intensif dan mengutamakan sikap kebersamaan

25%

4%

Kemampuan melakukan konsensus: mampu melakukan strategi pengambilan keputusan secara bersama dengan menghormati ide orang lain, menanggapi dengan pikiran terbuka terhadap perbedaan ide.

25%

4%

3

Communication

15%

Mampu melakukan komunikasi lisan sesuai dengan norma akademik

35%

5%

Mampu melakukan komunikasi tulisan sesuai dengan norma akademik

40%

6%

Mampu melakukan komunikasi non-verbal dan visual sesuai dengan norma akademik

25%

4%

4

Creative Thinking

20%

Mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi permasalahan dengan ide yang bervariasi dan/ berkualitas

25%

5%

Mampu menemukan ide atau gagasan dengan menyesuaikan terhadap sesuatu yang sudah ada, dan/ yang belum ada

25%

5%

Memiliki pengetahuan yang baik guna menghasilkan daya pikir yang mencakup wawasan dengan unsur-unsur yang luas

25%

5%

Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam 5 aspek, yaitu berpikir lancar, luwes, orisinal, elaborasi, dan evaluasi

25%

5%

5

Compassion

15%

Mampu memahami permasalahan dari berbagai sudut pandang

25%

4%

Mampu menerima kritik dan saran secara terbuka

25%

4%

Memiliki keinginan untuk membantu dan memotivasi  orang lain

25%

4%

Mampu mengapresiasi diri dan sesama atas dasar ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa

25%

4%

6

Computational logic

15%

Abstraction: Keterampilan dalam memutuskan informasi apa yang harus disimpan dan apa yang harus diabaikan

20%

3%

Generalization: Keterampilan dalam merumuskan solusi secara generik dan dapat menerapkan pada masalah yang berbeda

20%

3%

Decomposition: Keterampilan dalam memecahkan masalah yang kompleks menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dipahami dan dipecahkan

20%

3%

Algorithm: Keterampilan dalam menyebutkan langkah-langkah untuk menentukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah

20%

3%

Debugging: Keterampilan dalam mengidentifikasi, menghapus, dan memperbaiki kesalahan dari proses pemecahan masalah

20%

3%